Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta adalah salah satu Badan Publik di Pemerintah Kota Surakarta yang mempunyai kewajiban untuk membuka akses terhadap Informasi Publik yang berkaitan dengan bidang pelayanan publik kepada masyarakat. Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang transparan dan kolaboratif adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggung jawabkan.

Sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008, Pemerintah Kota Surakarta telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Walikota Surakarta nomor 067.05/21.1 Tahun 2022 tentang Kelembagaan Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Kota Surakarta. Kelurahan Banjarsari sebagai salah satu Badan Publik Pemerintah Kota Surakarta menindaklanjuti dengan membentuk Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

Informasi tentang Profil Badan Publik meliputi:

Kedudukan/ domisili beserta alamat lengkap

Kedudukan/ domisili Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta berkedudukan di Kantor Kelurahan Kadipiro, Jalan Samudra Pasai No. 33 Surakarta, Telp. (0271) 852718

Visi dan Misi

VISI

Menjadikan Kelurahan Kadipiro sebagai Kelurahan yang dinamis dan menjunjung nilai – nilai budaya kekluargaan untuk mensejahterakan masyarakat

MISI

1. Mengembangkan ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan usaha kecil yang dikelola warga masyarakat mempermudah akses masyarakat terhadap pinjaman modal untuk tumbuh kembangnya ekonomi kerakyatan melalui kelompok yang ada di masyarakat.

2. Mengadakan kegiatan yang merangsang tumbuhnya rasa kekeluargaan dan menjunjung nilai – nilai budaya jawa dalam masyarakat.

3. Meningkatkan pelayanan dan akses masyarakat dibidang kesehatan diantaranya melalui program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS), meningkatkan kualitas kesehatan bersertifikasi ISO, makin memberdayakan posyandu balita dan lansia, perbaikan gizi masyarakat serta menekan angka kematian ibu dan bayi.

4. Membuka lapangan kerja baru dengan menciptakan iklim investasi yang makin kondusif (kota ramah investasi) dan suasana kota yang aman dan damai.

5. Menumbuhkan rasa tanggung jawab masyarakat tentang arti pentingnya ruang terbuka hijau bagi kehidupan.

6. Mengembangkan dan meningkatkan pemerintahan yang bersih dan amanah dengan titik berat pada musyawarah pembangunan kelurahan.

Tugas dan Fungsi

  1. Membantu PPID melaksanakan tugas dan kewenangannya;
  2. Melaksanakan kebijakan teknis layanan Informasi yang telah ditetapkan PPID;
  3. Mengkonsolidasikan proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan Informasi Publik;
  4. Mengumpulkan dokumen Informasi Publik dari Petugas Pelayanan Informasi di Pemerintah Kota Surakarta;
  5. Membantu PPID melakukan verifikasi dokumen Informasi Publik;
  6. Membantu membuat, mengelola, memelihara, dan memutakhirkan Daftar Informasi Publik; dan
  7. Menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan Informasi Publik agar mudah diakses oleh publik.